Cara diet Alami yang Sehat tanpa Resiko

CBSehat -  Terkadang setiap orang memang menginginkan tubuh yang ideal, namun hal itu tidak sesuai dengan kondisi tubuh yang ada saat ini, karena hal itu banyak yang melakukan berbagai cara untuk menurunkan berat badannya. Namun yang menjadi masalah adalah cara diet yang dilakukan menyimpang dari yang sebenarnya, akibatnya terjadi sesuatu yang tidak diinginkan.



Diet memang cara yang paling efektif untuk menurunkan berat badan,  tapi sebagian orang melakukan diet dengan berbagai cara yang tidak sehat untuk mendapatkan tubuh yang ideal. Bahkan ada yang sampai minum obat diet dengan harga yang mahal namun tidak terbukti. Namun ternyata ada cara diet alami yang terbukti khasiatnya, selain sudah terbukti menyehatkan juga. 

Kesalahan Dalam Diet yang sering dilakukan

Terkadang seseorang yang ingin menurunkan berat badan melakukan berbagai cara agar berat badannya turun dengan cepat tanpa memikirkan resikonya. Saran saya lebih baik Anda melakukan diet secara alami dan tidak terburu - buru dari pada melakukan diet cepat namun beresiko tinggi. Adapun jumlah penurunan berat badan yang CBsehat rekomendasika adalah antara satu sampai satu setengah kilogram perminggunya. Sementara perhitungannya satu kilogram lemak sama dengan 3,500 kalori itu berarti setidaknya dalam sehari minimal kalori yang terbakar adalah setidaknya 800 kalori.

Penuruan berat badan dengan metode diet cepat akan sangat beresiko dapat menyebabkan gangguan kesehatan serta organ tubuh lainnya. Penurunan berat badan dengan diet cepat juga tidak akan bertahan lama jika tidak konsisten menjaga pola makan dan kebiasaan buruk yang dapat menyebabkan berat badan melonjak. Hal ini karena seseorang yang melakukan diet secara pelan - pelan tentu akan memiliki pengalaman dalam menjaga kadar lemak dalam tubuhnya ketimbang yang melakukan diet cepat tapi minim pengalaman dalam menjaga kadal lemat dalam tubuhnya tetap stabil.

Seperti yang saya katakan tadi bahwa melakukan diet cepat akan sangat beresiko terhadap kesehatan Anda. Adapun berbagai resiko saat melakukan diet cepat adalah sebagai berikut.

Resiko Diet Cepat

  • Kurang Nutrisi dalam Tubuh
  • Munculnya berbagai penyakit diakibatkan elektrolit dalam tubuh yang tidak seimbang
  • Konsekuensinya berat badan cepat naik lagi.
  • Jaringan otot rusak diakibatkan diet cepat berlebihan, yang terbakar bukan lemak melainkan otot tubuh
  • Mengakibatkan munculnya penyakit maag kronis yang bisa berakibat fatal
  • Sistem kekebalan tubuh menurun, efeknya tubuh terasa lemas dan mudah lelah
  • Mengakibatkan kurangnya nafsu makan setelah melakukan diet ekstrim yang Anda lakukan
  • Gangguan tubuh seperti menstruasi tidak teratur, rambut rontok bagi wanita
Seperti yang kita lihat pada resiko diet cepat/ekstrim, sangat berbahaya bukan. Oleh karena itu mulai lah untuk melakukan diet alami yang menyehatkan berikut ini.


Cara diet alami yang sehat tanpa Resiko

1. Makan makanan yang sehat namun rendah Kalori

Ketika melakukan diet hal yang paling pertama dan penting yang harus Anda lakukan adalah mengatur pola makan Anda. Harap jangan makan makanan yang manis, bersoda, atau makanan berlemak dan tinggi kalori lainnya. Dengan mengatur pola makan tentu adalah cara yang paling efektif dalam menurunkan berat badan secara alami dan sehat. Sedangkan untuk makanan yang boleh Anda makan saat melakukan diet adalah sebagai berikut.

Makanan dan Minuman sehat untuk Diet

  • Teh Hijau : Mungkin sudah banyak atau masih ada yang belum tahu bahwa khasiat dari teh hijau terbukti mampu menurunkan berat badan. Teh hijau telah terbukti dapat menurunkan berat badan, hal itu karena teh hijau mampu meningkatkan proses metabolisme dalam tubuh sehingga pembakaran lemak dalam tubuh pun cepat. Jika Anda ingin melakukan diet secara alami dan sehat, maka disarankan untuk minum teh hijau ini secara teratur setiap hari untuk mendapatkan hasil yang maksimal.
  • Yogurt : Makanan sehat selanjutnya yang dapat menurunkan berat badan adalah Yogurt, makanan merupakan salah satu makanan sehat namun rendah lemak. Karena itu Yogurt sangat cocok untuk dikonsumsi seseorang yang sedang menjalani diet. Dengan mengkonsumsi Yogurt secara teratur setiap hari dapat menurunkan kadar lemak dalam perut hingga 80 persen setiap harinya.
  • Telur : Telur merupakan makanan sehat yang kaya akan protein namun rendah kalori, sehingga sangat cocok dikonsumsi oleh seseorang yang sedang menjalani diet. Saran dari saya silahkan konsumsi telur rebus jangan yang digoreng karena akan menambah kadar lemak dalam telur tersebut.
  • Buah berry : Buah Berry memang dikenal dengan buah yang memiliki berbagai khasiat yang salah satunya adalah dapat menurunkan berat badan. Namun tidak semua jenis buah berry memiliki khasiat untuk menurunkan berat badan, hanya buah berry tertentu seperti blueberry, rasberry dan strawberry saja yang dengan efektif menurunkan berat badan. Tiga jenis berry ini mengandung vitamin c yang tinggi namun rendah  kalori sehingga sangat cocok dikonsumsi saat sedang diet. Selain itu buah berry ini juga mengandung Antioksidan yang mampu menangkal radikal bebas.
  • Kacang Pistachio : Kacang pistachio memang dikenal dengan kacang yang mampu menurunkan berat badan, hal ini karena kandungan protein yang tinggi namun rendah kalori. Kacang ini banyak tumbuh di daerah kering seperti Turkmenistan, Azerbajian, barat dan Iran, karena itulah di indonesia kacang Pistachio relatif lebih mahal dari kacang - kacang lainnya. Mkaa dari itu jika Anda memiliki uang yang lebih tidak ada salahnya membelinya untuk mendukung program diet Anda.

2. Kurangi Makanan Berkarbohidrat dan Mengandung Gula Berlebihan

Saat melakukan diet secara alami dan sehat tentu ada banyak pantangan yang harus anda lakukan yang salah satunya adalah jangan makan makanan yang mengandung karbohidrat tinggi dan mengandung gula. Sebut saja makanan seperti nasi dari beras putih dikurangi porsinya tidak dihilangkan ya, permen, coklat, minuman bersoda, sirup, serta masih banyak lagi makanan lainnya. Makanan tersebut dapat merusak diet yang sedang Anda jalankan ibaratkan percuma jalani diet sudah seminggu tapi makan coklat sekali aja.

3. Minum Banyak Air Putih

Tidak dapat dipungkiri bahwa air putih memang sangat wajib bagi manusia, tanpa air putih manusia tidak akan bertahan dan dapat menyebabkan dehidrasi hingga kematian. Banyak yang dari bidang kesehatan menganjurkan untuk minum air putih secara teratur setiap harinya minimal 8 gelas dalam seharinya. Selain itu  air juga sangat baik untuk seseorang yang sedang menjalani program diet, karena lambung akan penuh sehingga yang dirasa hanya kenyang melulu.

4. Kurangi Konsumsi makanan Kemasan/Instan

Disarankan untuk kurangi makanan kemasan, biasanya makanan kemasan memiliki kadar lemak dan kalori yang tinggi sehingga akan sangat tidak cocok dikonsumsi oleh seseorang yang sedang diet. Karena itu kurangi atau bila perlu dihindari makan makanan kemasa agar program diet Anda tetap lancar.

5. Kurangi Porsi Makan

Nah salah satu yang paling penting saat menjalani diet alami dan sehat adalah kurangi porsi makan, tapi bukan berarti tidak makan ya. Makan itu harus hanya saja porsi makannya dikurangi, makan yang banyak akan merusak program diet yang sedang Anda jalankan. Selain mengurangi porsi maka yang ada, hindari makan makanan yang berlemak tapi makan makanan yang rendah lemak tapi berprotein seperti Ikan, Daging dari Unggas atau daging tanpa lemak lainnya. Selain makan daging yang berprotein diperlukan juga sayuran dan buah - buahan untuk mendukung program diet Anda.

6. Perbanyak Buah - buahan dan Sayuran 

Untuk mendukung program diet Anda, disarankan untuk perbanyak mengkonsumsi buah dan sayuran sehat. Buah - buahan mengandung vitamin C dan Sayuran yang kaya akan serat sanga cocok dikonsumsi oleh seseorang yang sedang menjalani Diet. Sayuran dan buah -buahan yang cocok untuk dikonsumsi adalah seperti sayuran bayam, sawi, brokoli, kentang dan buah - buahan seperti pisang, Jeruk, jambu biji dan pir.

7. Berolah Raga secara Teratur

Setelah mulai mempraktekkan 6 cara diet alami diatas, mulailah untuk berolah raga secara teratur, tubu yang bergerak dan mengeluarkan keringat mampu membakar lemak dengan cepat, sehat dan alami. Lakukan secara Rutin setidaknya satu - hingga dua kali dalam seminggunya, dengan begitu kalori yang menumpuk dalam tubuh Anda juga akan dengan cepat terbakar. Anda tidak perlu melakukan aktivitas yang berat atau mengeluarkan uang untuk mengunjungi tempat fitnes. Cukup lakukan jogging, Push up, Sit up hingga Yoga secara teratur akan sangat Anda rasakan manfaatnya.

8. Rekomendasi Menu Diet Sehat

Untuk Anda yang sedang menjalani program diet diperlukan asupan makanan yang seseuai dengan kondisi tubuh Anda. Makanan yang Anda makan haruslah cukup dan tidak lebih, oleh karena itu diperlukan menu makan yang cocok untuk menjalani program diet Anda. Berikut Menu makan diet sehat.

  • Mengatur menu Sarapan : Saran dari saya sebaiknya hindari makan nasi atau dikurangi, silahkan makan Sereal dan Susu rendah Lemak. Setelah itu Ambil satu buah pisang atau Pir dan makan untuk memberi asupan vitamin C pada tubuh Anda.
  • Mengatur menu makan siang : Menu selanjutnya tetap tanpa nasi, nasi digantikan kentang, serta Sup ayam bening, Tumis jamur dan selada. Tambahkan juga buah - buahan dalam menu makan Anda.
  • Mengatur menu makan malam : Untuk makan malamnya, Cukup satu mangkuk nasi merah serta sayuran sehat seperti brokoli atau bayam. Setelah itu minum Jus, seperti Jus Jambu atau Pir.
Terkadang saat seseorang yang tidak makan makanan kesukaannya atau tidak makan makanan berkadar lemak tinggi akan merasa pusing, stress mudah lelah. Tapi tenang saja Anda masih boleh makan cemilan, IceCream Anda, hanya saja dalam porsi yang terbatas.


Itulah cara diet alami dan sehat tanpa resiko dari CBSehat, semoga saja berhasil ya buat Anda yang memperaktekkannya, sebenarnya tidak susah kok hanya membutuhkan niat dan konsisten saja Anda sudah bisa mendapatkan tubuh yang Ideal.